Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango, Hamim Pou meminta kepada jemaah calon haji (JCH) yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah, untuk terus menjaga kesehatan, sehingga bisa beribadah dengan baik dan nyaman.

"Apalagi mengingat iklim saat ini di tanah suci Mekkah cuacanya panas sekali, yang mencapai 44 derajat celcius jadi harus membutuhkan ketahanan tubuh yang baik," kata bupati pada acara tasyakuran pemberangkatan 9 orang jamaah calon haji Kecamatan Suwawa, Selasa.

Selain berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan, bupati berharap para jemaah calon haji itu agar tidak membawa banyak bawaan, terutama bagi ibu-ibu.

"Soal makanan, ikan dan buah-buahan di tanah suci Mekkah itu melimpah. Jadi ibu-ibu bawah yang ringan-ringan saja. Kalau perlu hanya bawah ikan sagela dan rica kering saja," katanya.

Bupati berharap kepada para jemaah yang akan berangkat pada 14 September2015 itu, bisa memperoleh predikat haji yang mabrur.

"Salah satu ciri haji yang mabrur itu ibadah sosialnya makin baik, makin berjiwa dermawan, makin baik kepada sesama. Walaupun itu rahasia Allah, tapi itu akan tampak dalam keseharian sepulang dari haji," ujarnya.

Camat Suwawa, Achril Babyonggo menyampaikan bahwa sembilan orang JCH ini sudah siap secara mental dan rohani.

"Untuk para jamaah ada sekedar bingkisan dari pimpinan Kecamatan Suwawa yang merupakan hasil partisipasi dan keikhlasan dari Camat, Sekcam, Kepala Seksi dan seluruh aparatur kecamatan baik PNS maupun tenaga honor, untuk para jamaah yang akan berangkat," katanya.

Menurutnya, sejauh ini sembilan JCH dalam segala urusan administrasi tidak ada masalah, seperti yang terjadi di beberapa daerah lainnya. Mereka akan berangkat melalui embarkasi bandara Hasanudin, Makasar Sulawesi Selatan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015