Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) Lemhanas ke-XX, mengunjungi Kabupaten Gorontalo guna menghimpun data sebagai bahan kajian rekomendasi ke pemerinta pusat, untuk meningkatkan pembangunan di daerah.

Kedatangan rombongan Lemhanas RI disambut penjabat Bupati Gorontalo Nurlan Darise dan Sekda Gorontalo Hadija U Tayeb di Auditorium Pakaya Tower Limboto, Rabu (2/9).

"Saya kaget, selama saya berkunjung ke daerah-daerah, baru Kabupaten Gorontalo yang mempunyai inovasi dan kreatifitas yang bagus sekali," kata Kepala Rombongan Lemhanas Marsekal Muda TNI Bonar H. Hutagaol, usai pemaparan singkat Bupati Gorontalo Nurlan Darise terkait kebijakan pembangunan di daerah itu.

Menurutnya, capaian Kabupaten Gorontalo sebagai pintu gerbang Provinsi Gorontalo dinilai cukup berhasil, hal tersebut terlihat dari kreativitas pemkab Gorontalo dalam melakukan program-program terkait pemberdayaan masyarakat.

Bonar mengatakan, dari sekian banyak daerah di Indonesia, Kabupaten Gorontalo adalah salah satu dari tiga daerah terpilih yang jadikan sebagai obyek uji stratigis peserta PPSA angkatan ke XX, setelah provinsi Sumatera Barat dan daerah istimewa yogyakarta (DIY).

Sehingganya, dalam kesempatan itu ia meminta seluruh peserta PPSA XX untuk memahami dan mengkaji potensi Kabupaten Gorontalo dan berbagai permasalahannya ditinjau dari aspek kesejahteraan dan keamanan.

Adapun Dalam sesi tanya jawab pada pertemuan itu, menguat permasalahan menyangkut kondisi wilayah yang berkaitan dengan aspek geografis, demografi, SDA, ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan dari prespektif ketahanan Nasional.

Sementara itu penjabat Bupati Gorontalo Nurlan Darise menyatakan, pihaknya akan menanti saran yang disampaikan peserta SSDN PPSA XX Lemhanas RI dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan pembangunan daerah Kabupaten Gorontalo.  

Pewarta: Fadly Thaib

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015