Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo bersama PT. Bank Sulut Gorontalo (BSG) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) pengembangan ternak sapi di daerah itu.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo di Gorontalo, Rabu, mengatakan Pemerintah Kabupaten Gorontalo berusaha membangun kemitraan dan investasi dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, khususnya peternak sapi.

Dalam pola kemitraannya, pihak BSG akan melakukan pendampingan di sektor usaha penggemukan dan pemasaran ternak sapi. Sokongan bagi peternak diberikan dalam bentuk skim kredit.

"Untuk pertama kalinya di seluruh perbankan di Gorontalo termasuk BSG memberikan skim kredit khusus peternakan. Maka saya berharap kepada seluruh peternak sapi dapat memanfaatkan wadah yang telah diberikan pemerintah daerah agar dapat dimanfaatkan dengan baik," ungkap Bupati Nelson.

Bahkan untuk sukseskan program pola kemitraan dan juga investasi, ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo mengandalkan peran Balai Penyuluh Pertanian (BPP) di kecamatan untuk mendampingi usaha pertanian.

"Oleh karena itu kami terus mengembangkan serta mengoptimalkan BPP, yang tidak hanya pertanian, tapi dalamnya ada peternakan, perikanan, UMKM, koperasi, semua bergabung di sana. Itu menjadi basis dari perbankan untuk melihat sekaligus bertemu dengan seluruh 'stakeholder' keuangan kita, terutama pada masyarakat," pungkasnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021