Pihak TNI dan Polri di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berhasil menggelar Serbuan Vaksinasi COVID-19 Maritim dengan membuka gerai vaksinasi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Nusantara Kwandang.

"Pemerintah daerah sangat mengapresiasi dukungan TNI dan Polri di daerah ini, khususnya dalam pelaksanaan Serbuan Vaksinasi COVID-19 Maritim yang telah berlangsung selama dua hari di Kecamatan Anggrek dan Kwandang," kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin di Gorontalo, Jumat.

Ia berharap kegiatan tersebut menjangkau 78 desa pesisir di 11 kecamatan khususnya desa-desa yang masih kesulitan mendapatkan jangkauan akses transportasi darat maupun laut.

Vaksinasi tersebut juga diharapkan menjangkau para nelayan dan pemasar ikan yang setiap hari beraktivitas di TPI Kwandang maupun Gentuma.

Gerai vaksinasi itu, dilayani para tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Umar Sidiki, yang disiapkan untuk melayani masyarakat mendapatkan vaksinasi dosis awal maupun dosis kedua.

Serta diharapkan mendukung realisasi target vaksinasi di atas 80 persen untuk daerah ini pada Oktober 2021.

Pemerintah daerah pun bersyukur, atas dukungan pihak TNI AL yang telah berinisiatif menggunakan armada kapal perang KAL Limboto milik Lanal Gorontalo untuk melakukan penjemputan warga sasaran penerima vaksinasi di wilayah kepulauan.

"Pemerintah daerah tidak bisa berbuat banyak tanpa dukungan pihak TNI dan Polri. Kami sangat mengapresiasinya," katanya.

Hingga saat ini, realisasi vaksinasi COVID-19 di daerah itu telah mencapai 51.798 sasaran atau 51,85 persen dari total sasaran 99.908 orang.

Realisasi dosis 1 mencapai 36.637 sasaran atau 36,67 persen. Dosis 2, 15.151 sasaran atau 15,16 persen, dan dosis 3 baru mencapai 10 sasaran atau 0,01 persen.
TNI dan Polri di wilayah Gorontalo Utara, menggelar serbuan vaksinasi COVID-19 di TPI Kwandang Pelabuhan Nusantara. (ANTARA/HO-dok.Polres Gorontalo Utara)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021