Pemerintah Provinsi Gorontalo mendorong Badan Pusat Statistik (BPS) untuk terus mengedukasi dan mewujudkan masyarakat yang sadar statistik.

“Hari Statistik Nasional (HSN) merupakan momentum bagi BPS untuk membangkitkan kepedulian tentang pentingnya data statistik bagi masyarakat dan para pemangku kepentingan,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda usai memimpin upacara peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2021 di Kota Gorontalo, Senin, yang diikuti secara virtual oleh seluruh karyawan BPS di kabupaten dan kota di provinsi itu.

Dia mengatakan tantangan BPS ke depan semakin besar, karena perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan pengumpulan data di masa mendatang akan lebih banyak dilakukan oleh responden secara mandiri dan daring.

“Ini tentu membutuhkan tanggung jawab, kesadaran, dan pemahaman responden, untuk mengisi kuesioner tanpa ada pendampingan dari petugas atau pencacah. Tapi bila warga teredukasi dengan baik, maka hal itu tidak akan menjadi kendala yang besar,” ujarnya.

Selain itu, pandemi COVID-19 juga menjadi tantangan tersendiri karena BPS harus menyediakan data sebagai respons cepat atas perkembangan pandemi.

Data tersebut dibutuhkan dalam situasi kedaruratan, untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif mengatakan pihaknya berupaya meningkatkan keterlibatan masyarakat sebagai bagian dari edukasi statistik.

Untuk memeriahkan peringatan HSN kali ini, pihak BPS menggelar berbagai kegiatan dan lomba, yang diikuti seluruh karyawan, mitra, dan masyarakat.

BPS juga memberikan penghargaan kepada institusi atau pihak luar yang memberikan data secara responsif.

“Kami memberikan penghargaan kepada institusi atau pihak luar yang selama ini kami minta datanya. Contohnya perusahaan. Kadang kadang perusahaan sangat sulit memberikan datanya. Kalau dari sumbernya saja sudah sulit ,bagaimana kami mengekspose datanya nanti. Karena itu kami berikan 'award' (penghargaan) kepada pihak yang memberikan datanya dengan cepat dan akurat,” tambahnya.

 

 

 

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021