Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp71 miliar, untuk mendukung sektor pendidikan dan kesehatan.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Jumat, mengatakan, alokasi anggaran tersebut walaupun minim, akan diupayakan untuk mendukung program pembangunan sumber daya manusia di daerah.

Anggaran sebesar Rp71 miliar itu, akan diarahkan pada peningkatan kualitas layanan pendidikan di semua jenis dan jenjang melalui program "Bone Bolango mengajar dan Bone Bolango Cerdas".

Menurutnya, program itu akan diprioritaskan pada peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, ketersediaan tenaga kependidikan, pemberian beasiswa bagi siswa dan mahasiswa berprestasi.

"Serta peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik, khususnya di daerah terpencil, partisipasi masyarakat, serta kinerja manajemen mutu pendidikan," ujar Hamim.

Sementara untuk sektor kesehatan, diarahkan pada pelayanan yang semakin bermutu, cepat dan terjangkau pada semua unit, serta tingkatan layanan dasar maupun layanan rujukan.

Hamim menambahkan, selain itu juga peningkatan layanan jaminan kesehatan masyarakat secara menyeluruh, penyediaan obat-obatan serta alat-alat kesehatan, perbaikan gizi dan peningkatan cakupan imunisasi.

"Kemudian pemberantasan penyakit menular dan peningkatan kesejahteraan tenaga kesehatan," ujar Hamim.

Hamim mengatakan, peningkatan ketersediaan maupun kualitas sarana prasarana Rumah Sakit Toto Kabila, Rumah Sakit Tombulilato serta puskesmas hingga poskesdes akan masuk dalam cakupan anggaran yang dimaksud.

Pewarta: Oleh Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013