Manado, (ANTARAGORONTALO) - Tiga Gunung di Provinsi Sulawesi Utara  yaitu Gunung Lokon di Kota Tomohon, Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara dan Gunung Klabat di Kabupaten Minahasa Utara terbakar.

"Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, aparat TNI/Polri terus berupaya memadamkan api yang masih menyala," kata Kepala Dinas Kehutanan Herry Rotinsulu di Tomohon.

Sejauh ini kata dia, luas kawasan Gunung Klabat yang terbakar sekitar 35 hektare, cagar alam Gunung Lokon berkisar 100 hektar sementara kawasan Gunung Soputan di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara masih dihitung.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi saat ini selain disebabkan faktor alam akibat fenomena el nino yang diperkirakan pengaruhnya hingga Desember 2015, juga akibat kesengajaan masyarakat yang membuka lahan atau membersihkan dengan cara membakar.

"Dampak kebakaran ini yaitu merugikan aspek ekonomi yang dialami sektor darat, laut dan udara, secara ekologi memusnahkan flora dan fauna serta kesehatan yaitu terganggunya infeksi saluran pernafasan akut (ISPA)," ujarnya.

Dia mengharapkan, masyarakat memperhatikan fenomena iklim ini dengan menjauhkan faktor-faktor penyebab terjadinya kebakaran, serta menghindari perilaku kesengajaan antara lain membuang puntung rokok serta pembukaan lahan dengan cara membakar.

"Prinsip yang perlu dipegang terkait dengan kebakaran hutan dan lahan adalah lebih baik mencegah dari pada memadamkan," ujarnya.

Penjabat Gubernur Soni Sumarsono dan rombongan sekitar sore pukul 14.00 WITA, mengunjungi kebakaran di lereng Gunung Lokon yang sebelumnya sudah meluas ke areal perkebunan.

"Diharapkan selalu melakukan imbauan dan penyuluhan kepada masyarakat terkait upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015