Bupati Gorontalo, Provinsi Gorontalo Nelson Pomalingo meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terlibat dalam optimalisasi penanganan dan pencegahan bencana banjir di daerah itu.

Ia menilai perubahan iklim global semakin kompleks dan dinamis telah mengakibatkan bencana banjir di berbagai wilayah di Indonesia dan diprediksi akan berlangsung hingga Februari 2022.

"Oleh karena itu, semua pihak wajib menjaga lingkungan," ujar Nelson di Gorontalo, Kamis.

Ia meminta agar saluran air dan sampah menjadi tanggung jawab bersama, sehingga tidak tersumbat, termasuk penebangan pohon sembarangan tanpa seizin Pemerintah Desa.

"Memang penting untuk menata pohon ini, tapi harus diperhatikan dengan benar agar tidak menyebabkan banjir," bebernya.

Untuk itu, Nelson memerintahkan seluruh instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, baik dinas/badan, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa untuk memaksimalkan program lingkungan dan memperhatikan penyaluran bantuan agar merata kepada masyarakat yang mengalami bencana.

Nelson meminta para camat dan kepala desa agar intensif membangun koordinasi dalam penyampaian data fasilitas publik yang mengalami kerusakan, apalagi menyangkut data warga terdampak banjir serta menekankan seluruh unsur pemerintah daerah harus siaga menghadapi kemungkinan banjir.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021