Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Saiful Karim mengakui bahwa pihaknya sangat mendukung Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan industri Anggrek yang dilakukan pemkab setempat.

Menurut Saiful, Jumat, bahwa pengembangan kawasan industri sangat penting di daerah ini dan penempatannya di Kecamatan Anggrek pun dinilai DPRD sangat tepat mengingat terdapat Pelabuhan Anggrek sebagai pelabuhan barang ekspor impor di wilayah ini.

Ditambah lagi kata ia, banyak usaha makro berkembang pesat di Kecamatan Anggrek, seperti investasi pengolahan tetes tebu, pabrik pengolahan jagung kering untuk komoditi ekspor, gudang kontainer serta program investasi di sektor pariwisata.

RDTR kawasan industri Anggrek sangat penting disusun pemerintah daerah dalam rangka menunjang pengembangan kawasan perekonomian khusus di daerah ini.

"Selain itu pemetaan kawasan akan mencegah kesemrautan wilayah untuk mengembangkan program investasi di daerah ini," ujarnya.

Kehadirannya pada kegiatan seminar akhir tentang RDTR kawasan industri Anggrek diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat kata Saiful, menegaskan dukungan DPRD terhadap langkah pemerintah daerah menyiapkan Anggrek sebagai kawasan industri.

Pihaknya pun kata ia, akan menyusun usul inisiatif DPRD untuk melahirkan regulasi yang akan mendukung Kecamatan Anggrek sebagai kawasan industri.

Serta regulasi terkait pengembangan wilayah industri oleh pemerintah daerah melibatkan masyarakat lokal maupun pihak investor.

Ia berharap, RDTR kawasan industri Anggrek akan melahirkan komitmen pemerintah daerah dalam pengembangan kawasan industri sebagai pusat makro ekonomi di kabupaten ini yang akan menunjang cita-cita Bupati Indra Yasin dan Wakil Bupati Roni Imran menjadikan daerah ini sebagai poros maritim dunia. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015