Sebanyak 123 desa tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, berhasil mempertahankan status zona hijau dari kasus positif COVID-19.

"Alhamdulillah, telah 3 pekan status zona hijau ini mampu dipertahankan 123 desa di daerah ini," kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, di Gorontalo, Selasa.

Ia berharap, kondisi itu dapat terus bertahan seiring upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) agar status tersebut sinergi dengan capaian vaksinasi COVID-19.

Mengingat data Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, capaian vaksinasi di daerah itu, baru mencapai total 86.055 sasaran dari 99.908 sasaran.

Capaian dosis 1 baru sebanyak 53.553 sasaran, dosis 2 mencapai 32.144 sasaran, dan dosis 358 sasaran.

"Capaiannya belum signifikan, namun Pemkab memastikan terus membuka gerai vaksinasi COVID-19 di 15 Puskesmas. Termasuk telah menyusun jadwal dalam sepekan ini akan menggelar vaksinasi terpusat di desa-desa. Kita terus mendekatkan pelayanan agar warga mudah mendapatkan vaksinasi," katanya.

Pemerintah Kecamatan dan Desa pun diminta memperkuat sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi dosis lengkap.

Mengingat kecenderungan warga enggan divaksin dosis 2 hampir merata dihadapi di setiap desa.

Oleh karena itu, sosialisasi tersebut perlu terus diperkuat. Termasuk penegakan disiplin protokol kesehatan.

Warga yang mendatangi tempat publik, seperti pasar diharapkan tidak melepas masker.

"Pemakaian masker penting agar orang sakit dan orang sehat, masing-masing dapat saling menjaga untuk menghindari penularan virus corona," katanya.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021