Reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, disertai dengan kegiatan vaksinasi COVID-19.

"DPRD sangat mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 khususnya di daerah ini. Sebab setiap masyarakat harus sehat, dan daerah kita perlu mempertahankan status zona hijau atau nol kasus terkonfirmasi COVID-19," kata anggota Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Fatri Botitihe di Gorontalo, Minggu.

Ia mengatakan, seluruh anggota DPRD pun telah divaksin. Sehingga merasa berkewajiban mengajak masyarakat untuk ikut divaksin.

Olehnya, reses atau jaring aspirasi yang digelar DPRD, diantaranya melakukan edukasi tentang pentingnya vaksinasi tersebut.

Termasuk mendorong agar masyarakat mau divaksin lengkap atau mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis 2.

Mengingat informasi dari Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten, jika capaian dosis 2 masih tergolong rendah.

Diantaranya dipicu menyebarnya kabar bohong (hoaks) tentang dampak vaksin. "Kita harus memerangi stigma ini. Masyarakat perlu diedukasi tentang pentingnya vaksinasi ini, serta jaminan keamanan dan kehalalannya yang sudah dipastikan oleh pemerintah," katanya.

Masyarakat perlu terus didorong untuk mendapatkan vaksinasi dengan pengetahuan yang cukup, sehingga tidak terkesan dipaksakan karena akan mendapatkan bantuan baru mau divaksin.

"Kita mendorong terciptanya kesadaran bahwa vaksinasi COVID-19 penting diperoleh di masa pandemi ini," katanya lagi.

Fatri menggelar reses dan vaksinasi COVID-19 di daerah pemilihannya (dapil) IIII di Kecamatan Biau.

Hingga saat ini, data Satgas COVID-19 Kabupaten menyebut, capaian vaksinasi COVID-19 di kecamatan tersebut, mencapai total 3.847 sasaran dari 4.542 sasaran di wilayah barat kabupaten itu.

Namun capaian vaksinasi dosis 1 baru sebanyak 54,82 persen atau menjangkau 2.490 sasaran. Dosis 2 mencapai 29,19 persen atau 1.326 sasaran dan dosis 3 mencapai 0,68 persen atau 31 sasaran.

Capain tersebut harus segera naik, dan kita semua bekerja sama dan bergerak bersama agar capaian 99.908 sasaran di daerah ini segera tervaksin seluruhnya.

"Saya senang sebab masyarakat turut mendukung pelaksanaan reses yang disertai dengan kegiatan vaksinasi ini. Artinya, masyarakat ikut mendukung pelaksanaannya untuk kesehatan dan kebaikan bersama," imbuhnya.***
Reses anggota DPRD Gorontalo Utara, Fatri Botutihe di Dapil III Sumalata Timur, Sumalata, Biau dan Tolinggula, yang disertai dengan pelaksanaan vaksinasi COVID-19. (ANTARA/HO-dokumentasi Fatri)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021