Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mendistribusikan 35 unit alat pengisap air untuk memenuhi ketersediaan air di areal persawahan.

Kepala Bidang Perluasan Lahan dan Air (PLA) Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo Utara Amir Lababa di Gorontalo, Kamis, mengatakan pihaknya telah mendistribusikan mesin alkon berkapasitas 4 inci.

"Bantuan tersebut didistribusikan kepada kelompok-kelompok tani di wilayah ekstrim kekeringan, di antaranya Kecamatan Kwandang dan Gentuma," ujarnya.

Upaya ini kata dia, sebagai respon pemerintah daerah terhadap kekeringan yang melanda wilayah ini meskipun kemarau panjang masih melanda sehingga petani akan sulit mendapatkan sumber air.

Namun petani yang memiliki areal persawahan di dekat sungai diharapkan bisa memanfaatkan mesin alkon untuk mengairi sawahnya.

Pemerintah daerah pun telah membangun fasilitas pompa air serta sumur suntik di areal persawahan tadah hujan.

Bantuan tersebut diharapkan tidak hanya memenuhi kebutuhan air di areal pertanian, namun dapat difungsikan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat untuk konsumsi, kata Amir.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015