Pra temu Nasional ke XIII Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara digelar di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Provinsi Gorontalo, Selasa.

Pra temu Nasional itu dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, serta dihadiri koordinator BEM Nusantara dari wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku hingga Papua.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada BEM UNG, rektor, beserta civitas akademika karena telah menginisiasi pra temu nasional ke XIII BEM Nusantara. Saya sebagai pemerintah juga berterima kasih karena melalui kegiatan ini menunjukkan keseriusan dan kesiapan para presiden BEM beserta jajarannya dalam perhelatan temu Nasional BEM Nusantara nanti,” kata Darda.

Tema yang diusung dalam pertemuan itu yakni “Resolusi Pemuda Nusantara dalam Mengawal Kedaulatan Bangsa Indonesia”.

Menurutnya, tema tersebut sangat menarik karena para pemuda yang tergabung dalam aliansi BEM Nusantara itu akan bersepakat dalam satu tekad mewujudkan cita-cita menjadi bangsa yang berdaulat.

“Saya berharap kita semua yang duduk di sini bukan hanya untuk bertemu sesama BEM, tetapi harus menghasilkan rekomendasi atau kesepakatan bersama yang akan jadi bahan evaluasi akhir tahun untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Pusat BEM Nusantara Eko Pratama mengatakan ada tiga isu yang akan dibahas dalam pra temu yang tersebut.

Pertama membahas isu pendidikan yang difokuskan di wilayah Papua, yang kedua isu ekonomi dan ketahanan pangan, serta yang ketiga isu kesehatan.

“Apa yang digagas hari ini akan disampaikan nanti ke Menteri Sekretaris Negara. Saya sangat berharap ini menjadi rekomendasi nasional. Minimal ada dua sampai tiga program yang menjadi memberi hasil nyata,” katanya.

Pra temu Nasional ke XIII BEM Nusantara tahun 2021 itu akan berlangsung selama 14-16 Desember 2021.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021