Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memberikan pembinaan kepada seluruh perangkat desa di GOR David-Tonny Limboto untuk peningkatan kapasitas dan penguatan lembaga desa di daerah itu.

"Ini merupakan langkah untuk meningkatkan kapasitas dan penguatan lembaga desa," ujarnya di Gorontalo, Sabtu.

Dia menjelaskan pembinaan tersebut untuk menjelaskan proses evaluasi bagi aparat desa karena hingga hari ini menjadi perbincangan semua kalangan.

"Sehingga, saya ingin mereka menjadi corong kami untuk menjelaskan, baik itu proses maupun alasan dilakukannya proses evaluasi bagi aparat desa," kata dia.

Ia mengungkapkan proses evaluasi bagian dari transformasi birokrasi serta memberikan semangat bagi mereka karena Kemenpan RI telah mengeluarkan edaran bahwa tenaga kontrak akan dihapuskan pada 2023.

"Maka kami fasilitasi mereka untuk mengikuti P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) maupun PNS (Pegawai Negeri Sipil)," katanya.

Ia juga menekankan beberapa hal terkait dengan vaksinasi penguat yang harus dilakukan setiap tenaga kontrak agar menjadi contoh dalam rangka pelaksanaan vaksinasi tahap tiga secara massal.

Nelson berharap, para tenaga kontrak dapat bekerja secara profesional dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Bagi aparat desa yang sudah dievaluasi dan tidak memenuhi syarat untuk diangkat lagi, pemerintah daerah sementara ini mengkaji untuk mengeluarkan perbup terkait pemberian pesangon bagi mereka," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022