Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dan Pemkab Buol, Provinsi Sulawesi Tengah menjalin kerja sama di bidang pengembangan potensi daerah dan pelayanan publik.

Kesepakatan kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman antara Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Bupati Buol Amirudin Rauf di Aula Kantor Bupati Buol, Jumat.



"Kerja sama ini dalam rangka pengembangan potensi daerah dan peningkatan layanan publik. Ada sejumlah sektor dikerjasamakan, antara lain pertanian, peternakan, dan kesehatan," ujar Nelson.

Menurutnya, secara historis Buol dan Kabupaten Gorontalo memiliki kedekatan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kedua daerah itu menjalin kerja sama guna pengembangan potensi daerah dan peningkatan layanan publik.

Untuk bidang pertanian, kata Nelson, ada dua hal penting yang bisa dikembangkan di Kabupaten Gorontalo, yakni komoditas kelapa dan jagung.

"Karena saya dengar di sini komoditas kelapa bagus. Mungkin kita bisa membudidayakan bersama atau mungkin juga Buol bisa jadi pemasok ke Gorontalo," ungkapnya.

Nelson Pomalingo menjelaskan Kabupaten Gorontalo memiliki tiga pabrik besar, yang mungkin bisa beroperasi dengan hasil kelapa dari Buol.

"Selain itu, juga ada peternakan rumah sakit dan di bidang UMKM," kata Nelson.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022