Kepengurusan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Gorontalo masa bakti tahun 2021-2025, usai dilantik di Gedung Pertemuan Balai Karantina Pertanian Kelas II Gorontalo, Ahad menyatakan siap memajukan sektor peternakan di Provinsi setempat.

Ketua terpilih PDHI Gorontalo Tri Ananda Erwin Nugroho, usai pelantikan tersebut, Minggu, mengatakan, sejumlah program akan dilakukan dalam masa kepemimpinannya.

Erwin mengatakan, pada periode kali ini, selain pengendalian penyakit hewan menular, pihaknya menargetkan pada peningkatan kompetensi dokter hewan, melalui berbagai pelatihan atau Continuing Education (CE).

Berbagai program tersebut akan dijalankan, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi peternakan di Provinsi Gorontalo.

"Awal tahun ini kita adakan Seminar Nasional Standard Operative Procedure Calving Interval Optimal, yaitu prosedur untuk mendapatkan satu pedet per tahun pada setiap induk sapi," ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut adalah salah satu upaya meningkatkan kompetensi anggota, sekaligus merealisasikan target tersebut.

Sedangkan terkait program pencegahan penyakit menular, Erwin mengatakan, pihaknya akan ikut berperan pada pemeriksaan hewan kurban, dan vaksinasi gratis terhadap penyakit hewan menular seperti rabies dan anthrax.

Ia pun optimistis bahwa peran dokter hewan dalam memberikan jaminan kesehatan hewan maupun produk asal hewan beserta olahannya.

"Terutama yang bernilai ekonomis, tentunya akan lebih optimal dengan dukungan masyarakat dan pemerintah daerah," ucapnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022