Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman, Selasa, mengatakan hingga 14 Februari 2022 terdapat 180 kasus aktif COVID-19 di daerah itu.

Khusus untuk kasus baru COVID-19 per tanggal 14 Februari yang ditemukan sebanyak 47 kasus, sehingga total warga yang terpapar virus tersebut di Provinsi Gorontalo sejak awal pandemi mencapai 12.057 orang, 11.416 orang sembuh, dan 461 orang meninggal dunia.

Dari data tersebut, wilayah yang berada pada zona merah ada dua yakni Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo.

Sedangkan empat daerah lainnya yakni Kabupaten Pohuwato, Bone Bolango, Boalemo, dan Gorontalo utara berada pada zona kuning.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Gorontalo Trianto Bialangi mengungkapkan, pada 14 Februari 2022 terdapat 12 pelaku perjalanan yang menunjukkan hasil tes antigen negatif dari kota asal, namun saat dilakukan tes antigen di Gorontalo hasilnya positif.

Para pelaku perjalanan tersebut adalah penumpang Kapal Sabuk Nusantara enam orang, penumpang kapal fery empat orang, dan penumpang pesawat Lion Air dua orang.

“Saat ini para pasien tersebut sedang menjalani isolasi terpusat di fasilitas pemda, dan sementara menunggu hasil pemeriksaan swab PCR,” kata Trianto.

Ia mengimbau masyarakat untuk segera melapor kepada pihaknya, serta secara sukarela menjalani tes bila merasa kontak erat dengan para penumpang tersebut.

Sementara itu, capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu hingga saat ini mencapai 87,54 persen dosis 1, kemudian 54,75 persen dosis 2, dan 2,9 persen dosis 3 dari total sasaran sebanyak 983.409 orang.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022