Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Provinsi Gorontalo menjadi tuan rumah ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016, yang akan dilaksanakan akhir November 2015.

Sekertaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Gorontalo Mud Mada di Gorontalo, Minggu, mengatakan Pengurus Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) telah mempercayakan daerah ini, sebagai tuan rumah penyelengaraan kualifikasi untuk PON XIX di Jabar nanti.

"Kepercayaan yang diberikan tersebut merupakan salah satu bentuk adanya peningkatan olahraga ini di Gorontalo," Kata Mud.

Dia menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan pengurus IPSI Gorontalo, sehingga nantinya ajang kualifikasi akan berlangsung sukses dan tidak ada tim yang measa kecewa dan dirugikan.

Ketua IPSI Provinsi Gorontalo Sarwan Laduhu mengakui bahwa memang daerah ini terpilih menjadi tuan rumah Pra PON, namun persiapan belum terlalu optimal sementara pelaksanaan tinggal beberapa lagi.

Menuut dia, selain mempersiapkan tim dalam kualifikasi tersebut, tentunya ajang ini memerlukan dana, sehingga KONI Gorontalo harus membantu dengan semaksimal mungkin demi suksesnya pelaksanaan acara ini.

"Sukses tidaknya acara kualifikasi ini, tentunya harus mendapat dukungan dana dari pengurus KONI Gorontalo," Kata Sarwan.

Dia menjelaskan, bahwa pihak KONI Gorontalo telah menjanjikan akan memberikan bantuan dana sebesar Rp250 juta, untuk pelaksanaan Pra PON tersebut, namun sampai saat ini dana yang dijanjikan belum ada realisasinya.

"KONI menjanjikan akan menyiapkan dana untu panitia kualifikasi, namun sampai saat ini belum ada," Kata Sarwan.

Dia menambahkan bahwa saat ini konsentrasi pengurus IPSI Gorontalo ingin agar penyelengaraan kualifikasiakan sukses, namun tentunya juga harus mempersiapkan tim yang tangguh agar bisa lolos ke PON XIX 2016 di Jawa Barat nanti.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015