Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung meminta seluruh komite Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) di Gorontalo, mempersiapkan dengan baik seluruh persyaratan yang dibutuhkan.

“Daerah yang paling siap untuk dimekarkan dan semua persyaratannya sudah lengkap, itu yang akan diprioritaskan,” katanya saat kunjungan kerja ke CDOB Gorontalo Barat yang digelar di Kantor Camat Lemito Kabupaten Pohuwato, Senin.

Doli menjelaskan, kedatangannya ke CDOB bertujuan untuk melihat bahwa keinginan untuk dimekarkan itu betul-betul merupakan kebutuhan objektif.

Menurutnya, pemekaran itu adalah sebuah konsep untuk mempercepat pembangunan yang secara filosofi memperpendek rentang kendali dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tadi saya jalan dari Boalemo ke sini, pak gubernur bilang ini baru masuk di  Kabupaten Pohuwato. Ternyata Pohuwato memang besar. Kita pakai mobil saja bertanya-tanya kapan sampainya. Bayangkan kalau tidak pakai mobil, bagaimana masyarakat menyelesaikan masalahnya dengan jarak yang begitu jauh,” katanya.

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan perjuangan pembentukan Kabupaten Gorontalo Bara, sudah dimulai sejak tahun 2012.

Pada tahun 2014, dari tiga CDOB yang diusulkan Pemprov Gorontalo, dua diantaranya sudah mendapatkan persetujuan tetapi pemerintah saat itu telah memberlakukan moratorium pemekaran.

“Setelah saya berbincang-bincang dengan Ketua Komisi II DPR RI, beliau mengatakan masih ada peluang untuk pemekaran DOB. Oleh karena itu hari ini beliau saya ajak ke sini,” kata Rusli.

Rusli juga menyoroti kurangnya koordinasi dan komunikasi antara Komite Pembentukan CDOB Gorontalo Barat dengan Pemprov Gorontalo dan Pemkab Pohuwato.

Gubernur meminta agar persiapan pembentukan CDOB harus meriah, agar menjadi penyemangat bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

“Saya kecewa karena Komite Pembentukan CDOB Gorontalo Barat koordinasinya kurang dan persiapannya juga kurang meriah. Komite harus lebih intensif lagi berkomunikasi dengan kami, temasuk dengan pak bupati,” katanya.

Setelah dari Gorontalo Barat, Ketua Komisi II DPR RI bersama gubernur melanjutkan kunjungan ke CDOB Boliyohuto dan Kota Talaga

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022