Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Jalan lingkar Marisa, Kabupaten Pohuwato yang terhubung dengan wilayah Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara akan segera dibangun.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Rabu di Gorontalo mengatakan, peningkatan akses jalan terhubung ini adalah upaya pemerintah mempermudah jalur transportasi orang, barang khususnya produksi pertanian.

Selama ini petani khususnya di wilayah seperti bagian barat Gorontalo Utara yaitu Desa Cempaka Putih dan Papualangi Kecamatan Tolinggula, kesulitan memasarkan produk-produk pertaniannya.

Padahal wilayah tersebut sangat kaya akan hasil pertanian dan perkebunan, seperti padi dan buah-buahan.

Akses jalan yang menghubungkan wilayah Marissa-Tolinggula dimulai dari jembatan Bogou-bogou segera dikerjakan tahun ini juga.

Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara kata Wakil Bupati Roni Imran, sangat beruntung mendapatkan perhatian lebih pemerintah provinsi baik peningkatan infrastruktur jalan, jembatan maupun bantuan langsung di sektor pertanian, perikanan, peternakan.

Serta bantuan untuk pelaku usaha kecil dan menengah di daerah ini, seperti bantuan kewirausahaan untuk menciptakan usaha baru.

Tahun anggaran 2015 kata Wakil Bupati, APBD Kabupaten ini mencapai Rp513 miliar, namun anggaran tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur khususnya jalan dan jembatan.

Mengingat pemerintah daerah juga terfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara langsung melalui program gratis yang digulirkan.

Sehingga bantuan pemerintah provinsi sangat diapresiasi dan diharapkan akan meningkat tahun anggaran 2016 nanti.

Khususnya untuk pembiayaan infrastruktur mega proyek yang tidak terjangkau oleh APBD Kabupaten, seperti fasilitas pipa bawah laut ke wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan yang akan mendistribusikan air bersih di wilayah berpenduduk 4 ribu jiwa tersebut.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015