Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Minggu, mengatakan pekerjaan rekonstruksi jalan Prof Jhon Ario Katili di Kota Gorontalo menggunakan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021 sebesar Rp36,6 miliar.

“Sebesar 40 persen dari dana PEN, kami tempatkan di Kota Gorontalo untuk pekerjaan Jalan Ario Katili, saluran Tanggidaa, jalan Pilolodaa-Iluta yang kita selesaikan tahun ini,” katanya.

Pekerjaan jalan dan pedestrian tersebut selama 240 hari kerja itu dimulai pada 16 April 2022, dengan Kontraktor pelaksana PT. Alliessan dengan kerjasama operasi (KSO) CV. Karya Metropolitan.

Jalan ini sebelumnya memiliki lebar 15 meter dengan dua jalur dan median di tengah.

Pemprov Gorontalo akan merekonstruksi jalan tersebut dengan memperbaiki saluran drainase di kiri dan kanan jalan, serta membangun pedestrian di atasnya dengan lebar 2,5 meter.

Pedestrian akan dilengkapi dengan tempat duduk, petunjuk arah jalan bagi penyandang disabilitas, tempat sampah, serta lampu jalan.

Selain itu, akan ada pembangunan cross drain atau saluran drainase bawah tanah pada empat titik yaitu di simpang empat SMEA dan Jalan Bali, depan SPBU, simpang empat Tanggikiki, serta depan Dealer Hino.

Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya genangan air saat musim penghujan.

“Rekonstruksi jalan ini sudah direncanakan pada tahun 2020, namun karena adanya pandemi dan refocussing anggaran maka rekonstruksi baru dilaksanakan tahun ini,” katanya di Gorontalo.

Ia berharap masyarakat mendukung pemerintah, dalam menata jalan protokol sepanjang 2,7 kilometer itu, “Saya akan terus memonitor pekerjaan jalan ini hingga selesai,” katanya.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022