Petugas Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Gorontalo dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato bersama anggota rintisan Satuan Karya Pramuka Pengawas Obat dan Makanan Gorontalo memeriksa takjil yang diperdagangkan di Pasar Marisa, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, untuk memastikan keamanannya.

"Intensifikasi pengawasan pangan ini merupakan program rutin BPOM bekerja sama dengan seluruh pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo," kata Koordinator Substansi Infokom Balai POM di Gorontalo Muindar di Pohuwato, Kamis.

Dalam kegiatan pengawasan pangan di Pohuwato, Balai POM memeriksa 47 sampel pangan yang terdiri atas aneka kue, gorengan, dan minuman.

Pemeriksaan sampel pangan dilakukan di mobil laboratorium keliling Balai POM.

Muindar mengatakan bahwa menurut hasil pemeriksaan, semua sampel pangan tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin, boraks, rhodamin B, maupun methanyl yellow.

Selain memeriksa sampel takjil, Balai POM dan anggota Satuan Karya Pramuka Pengawas Obat dan Makanan menyampaikan penyuluhan mengenai pengolahan pangan dan keamanannya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022