Sekretaris Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian, Wisnu Haryana memastikan persediaan bahan pangan menjelang Lebaran di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Hal tersebut diungkapkan Wisnu usai meninjau langsung ketersediaan dan harga 12 pangan pokok bersama Kepala Karantina Pertanian Gorontalo, Muhammad Sahrir dan jajarannya di Pasar Sentral, Selasa.

"Kami melakukan pantauan langsung ke pasar hari ini, sesuai arahan Bapak Menteri Pertanian," kata Wisnu usai meninjau harga.

Menurut Wisnu, pemantauan dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan harga dari 12 bahan pangan pokok. Kegiatan di Gorontalo itu merupakan bagian dari pelaksanaan pemantauan di 34 propinsi dan 514 kabupaten/kota.

Kementerian Pertanian menerjunkan seluruh jajaran pimpinannya untuk turun langsung ke lokasi strategis,

Dari hasil diskusi dengan para pedagang, diketahui ketersediaan dan harga bahan pangan utama seperti beras, telur, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai keriting, daging sapi, daging ayam, serta aneka sayur masih dalam kondisi yang aman.

"Baik harga dan ketersediaan masih dalam kendali. Dan dapat kami sampaikan pula, di Gorontalo ketersediaan bahan pangan berupa beras, jagung dan gula konsumsi posisinya surplus," jelas Wisnu.

Menyoal soal ketersediaan minyak goreng, dari data yang dihimpun oleh Kementerian Pertanian untuk provinsi Gorontalo, Wisnu menyebutkan kebutuhan sebanyak 200 ton dan tersedia 247 ton.

"Jadi bagi masyarakat tidak perlu khawatir, karena stok tersedia," katanya lagi.

Sejalan dengan itu pedagang minyak goreng di pasar sentral, Nikma mengatakan saat ini minyak goreng sudah tidak langka lagi, minyak curah maupun minyak kemasan sudah tersedia.

Kepala Karantina Pertanian Gorontalo, Muhammad Sahrir selaku penanggung jawab teknis di lapangan menyebutkan, selama Ramadhan dan jelang lebaran nanti ia dan jajarannya tetap bertugas seperti biasa.

Hal ini guna menjamin kesehatan dan keamanan serta kelancaran distribusi bahan pangan di Provinsi Gorontalo. "Kami di Karantina Pertanian, tetap bertugas dan siaga baik di Pelabuhan Laut, Kantor Pos dan di Bandar Udara," kata Sahrir.
Sekretaris Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) Wisnu Haryana berbincang dengan pedagang beras di Pasar Sentral, Kota Gorontalo, Gorontalo, Selasa (26/4/2022). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022