Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara segera melanjutkan pekerjaan jalan "by pass" Molingkapoto Kecamatan Kwandang pada tahun anggaran 2016.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Senin di Gorontalo mengatakan, pemerintah daerah sudah melakukan pertemuan dengan pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Gorontalo.

Pelebaran jalan dua arah ini merupakan pekerjaan lanjutan sebagai proyek infrastruktur penataan pusat ibu kota kabupaten.

Lebar jalan akan ditambah 15 meter, sepanjang 2 kilo meter dan direncanakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp25 miliar bersumber dari APBN.

Jalan yang menghubungkan wilayah Moluo dan Molingkapoto dari arah Manado, Sulawesi Utara dan sebaliknya ini, akan dilengkapi dengan lampu jalan dan sistem drainase yang representatif.

Di tahun yang sama pun kata Indra, pemerintah daerah akan menerima alokasi anggaran pembangunan jalan "by pass" tersebut sebesar Rp80 miliar, sehingga rampung total sepanjang 9,5 kilo meter.

Jalan tersebut diharapkan akan memperlancar arus transportasi jalur trans Sulawesi, khususnya menjadi akses jalan yang akan mempermudah nelayan lokal di Pelabuhan Kwandang, melakukan pengiriman ikan ke daerah tetangga.

Mengingat rencananya pemerintah daerah akan menjadikan jalan ini sebagai pusat arus lalu lintas barang dan jasa dari dan ke Gorontalo.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Gorontalo Darmadjo Suhedi mengatakan, tahapan pembangunannya sedang dalam proses lelang dan rencananya 6 Januari 2016, pekerjaan sudah dimulai.

Pemerintah daerah sudah memastikan sudah tidak ada kendala untuk pembangunan jalan tersebut, mengingat pembebasan lahan di lokasi pelebaran jalan sepanjang 5 kilo meter telah rampung.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015