Wakil Bupati Gorontalo Hendra Hemeto menyerahkan 500 sertifikat tanah yang difasilitasi oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) dari program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Hendra menjelaskan pemberian sertifikat itu merupakan upaya pemerintah dalam melegalkan hak kepemilikan tanah masyaraka, sehingga memperkecil terjadinya konflik kepemilikan tanah di lingkungan masyarakat.

"Terkadang masyarakat punya lahan, tapi tidak memiliki sertifikat. Untuk memberikan legalitas kepemilikan, pemerintah terus mendorong masyarakat agar tanah itu punya sertifikat secara gratis," ucapnya di Gorontalo, Kamis.

Dengan memegang sertifikat tanah, kata Hendra, warga yang ingin memiliki modal usaha kini dapat difasilitasi perbankan. Program ini pun diharapkan akan mendorong peningkatan ekonomi daerah.

"Terbitnya sertifikat tanah dapat menjadi modal di perbankan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki oleh masyarakat," ungkap Wakil Bupati.

Hendra menyampaikan apresiasi kepada BPN Kabupaten Gorontalo yang telah memfasilitasi pengadaan sertifikat tanah kepada masyarakat Desa Upomela.

"Sertifikat ini merupakan program pusat. Saya mengimbau sertifikat ini dimanfaatkan sebaik mungkin," pungkas Hendra.

Selain penyerahan sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), Wakil Bupati Gorontalo turut melakukan penyerahan bantuan kios akses pangan masyarakat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022