Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Direktorat Jenderal Kebudayaan Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo dengan wilayah kerja Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah menggelar pameran bertemakan cagar budaya, Sabtu.

Pameran yang dilaksanakan di Atrium Gorontalo Mall, menampilkan pembabakan sejarah mulai dari jaman prasejarah, klasik, Islam hingga jaman kolonial tersebut bertemakan "Lestarikan Bangunan Cagar Budaya" dengan memamerkan foto-foto peninggalan tua dari masa ke masa, atau foto dulu dan sekarang.

Untuk Sulawesi Utara, ditampilkan foto-foto Waruga dan Gereja Sion Tomohon, untuk Sulawesi Tengah foto-cap tangan di dinding lembah Bada yang terdapat di Poso, Kalamba di Pokekea dan Masjid tua bungku.

Sedangkan untuk Gorontalo dipamerkan foto hotel Velberg atau sekarang telah berganti menjadi Hotel Melati, rumah dinas Gubernur, pusat pertokoan Murni dan bekas rumah dinas kantor Pos.

Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Cagar Budaya Gorontalo, Rosalina Rambung mengatakan, pameran tersebut digelar untuk menumbuhkan rasa cinta dan mengenal cagar budaya di Indonesia.

"Dengan menampilkan puluhan foto cagar budaya, diharapkan masyarakat dapat mengenal dan menumbuhkan rasa cinta cagar budaya yang ada di sekeliling kita, selain itu pada pameran kali ini, kita menyediakan permainan ular tangga cagar budaya yang merupakan salah satu permainan yang dapat dimainkan dengan gratis oleh pengunjung dan dalam kotak permainan tersebut terdapat lokasi-lokasi dan informasi mengenai cagar budaya yang ada di Indonesia," katanya.

Sementara itu beberapa pengunjung mengatakan sangat senang dan antusias terhadap pameran yang diadakan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo tersebut karena sangat kaya akan pengetahuan mengenai cagar budaya dan dengan adanya permainan ular tangga cagar budaya dapat menghibur pengunjung dengan permainan yang menarik.

Pameran Cagar Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo dengan wilayah kerja Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah dilaksanakan mulai dari tanggal 10-14 Desember dengan menampilan pameran foto, pemutaran film dokumenter dan games cagar budaya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015