Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba meminta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan II dan III peserta latihan dasar (Latsar), mampu memahami nilai Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BERAKHLAK).

Menurutnya nilai tersebut harus tertanam dalam jiwa setiap CPNS, agar tercipta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkinerja, berkembang dan memberikan kontribusi kepada pemerintah dan masyarakat.

“Saya minta tujuh komponen dalam BerAkhlak ini harus diresapi maknanya,” kata Darda saat membuka Latsar CPNS Golongan II dan III Provinsi Gorontalo di Kantor BPSDM Provinsi Gorontalo Kabupaten Bone Bolango, Senin.

Pembangunan ASN BerAkhlak bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia, sehingga dapat menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional.

“Dengan adanya core values ASN yang baru ini, diharapkan setiap ASN baik di pusat dan daerah memiliki semboyan dan semangat yang sama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat atau dengan kata lain, harus menjadi ASN yang melayani bukan dilayani,” tambahnya.

Selain itu, Darda juga berharap seluruh CPNS memahami, menaati, serta menjalankan tugas dan fungsi dengan meresapi dan mengamalkan ikrar Panca Prasetya Korpri.

“Nilai-nilai dasar BerAkhlak dan Panca Prasetya Korpri tersebut dapat mendorong ASN menjadi abdi negara dan abdi masyarakat,” katanya.

Latsar  diikuti 177 peserta dengan tiga gelombang, yakni gelombang pertama dua angkatan utusan Bone Bolango yang dimulai pada 12 Juli hingga 11 Agustus 2022.

Utusan Kabupaten Gorontalo Utara masuk pada gelombang ke dua, yang  dimulai tanggal 3 Juli sampai 2 September 2022.

Sedangkan gelombang ketiga dimulai tanggal 10 Juli hingga 8 September 2022, yang diikuti CPNS utusan Kota Gorontalo dan Pemprov Gorontalo.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022