Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meyakini bantuan perikanan yang disalurkan pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan dapat membuka banyak lapangan kerja baru.

Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deisy Sandra Maryana Datau di Gorontalo, Rabu, mengatakan bantuan itu antara lain mesin pembuat es batu yang disalurkan di Kecamatan Sumalata Timur.

Bantuan untuk para nelayan tersebut juga mendorong lahirnya banyak wirausaha yang potensial membuka lapangan pekerjaan baru.

Nelayan dapat menjadi pembuat es untuk keperluan perikanan tangkap yang digeluti, juga menjadi wirausaha yang dapat merekrut pekerja untuk melancarkan usahanya.

Sebab produksi es batu di wilayah barat kabupaten tersebut tergolong minim padahal potensi perikanan tangkap sangat besar.

Menyebabkan produksi ikan segar sulit diperoleh dalam jumlah banyak, akibat nelayan tangkap sulit mendapatkan es balok untuk mempertahankan kesegaran ikan.

Melalui bantuan tersebut, akan sangat memudahkan nelayan juga mendorong mereka sebagai penerima bantuan untuk menjadi wirausaha yang akan membuka lapangan pekerjaan baru.

Suplai es batu ke nelayan pasti memerlukan tenaga kerja. Tentu akan membuka peluang bagi tenaga kerja lokal.

Olehnya, bantuan tersebut harus dapat ditingkatkan baik jumlah maupun kapasitas mesin untuk berproduksi.

Tahun Anggaran 2022 ini, Dinas Kelautan dan Perikanan menyerahkan 2 unit mesin pembuat es senilai Rp25 juta per unit.

"DPRD berharap, jumlah tersebut ditingkatkan di tahun mendatang," katanya.

Mengingat nelayan di wilayah barat kesulitan mendapatkan es balok. Mereka harus membeli di wilayah Kecamatan Kwandang dengan jarak tempuh yang sangat jauh atau memakan waktu 2 jam perjalanan darat.

Olehnya DPRD tambah Deisy, mendorong program bantuan di sektor unggulan tersebut.

Mengingat pengembangan ekonomi kreatif melalui pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) termasuk di sektor perikanan tangkap, akan membuka banyak lapangan kerja baru.

Sehingga berdampak pada percepatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022