Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, melibatkan organisasi kepemudaan dalam kegiatan pengawasan partisipatif pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024.

Dengan menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif kepada organisasi kepemudaan, yaitu Karang Taruna desa.

"Kali ini kami menyasar pemuda Karang Taruna di seluruh desa di Kecamatan Monano dan Anggrek sebagai sahabat Bawaslu dalam upaya meningkatkan peran organisasi kepemudaan dalam pengawasan partisipatif pada pemilu serentak tahun 2024," kata Ketua Bawaslu Gorontalo Utara, Lius Ahmad, di Gorontalo, Kamis.

Masyarakat perlu mengetahui bahwa dalam melakukan pengawasan, Bawaslu memprioritaskan upaya pencegahan.

Olehnya, melalui sosialisasi yang melibatkan masyarakat luas, termasuk organisasi kepemudaan baik Karang Taruna maupun Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), diharapkan seluruh tahapan pemilu dapat berlangsung bersih dari seluruh bentuk pelanggaran.

Sehingga hampir seluruh lapisan masyarakat di 11 kecamatan menjadi sasaran sosialisasi tersebut, agar penyebarluasan informasi terkait pencegahan pelanggaran dalam tahapan pemilu dapat optimal.

Khususnya mencegah politik uang (money politic) yang wajib hilang dalam seluruh tahapan pemilu termasuk di daerah ini.

Selain pencegahan, prioritas lain adalah penindakan. "Jika sudah dicegah namun pelanggaran tetap dilakukan, tentu Bawaslu tak segan menindak," katanya.

Sebab Bawaslu senantiasa melaksanakan strategi pengawasan pemilu yang persuasif agar mampu mencegah seluruh bentuk pelanggaran baik mencakup pelanggaran kode etik penyelenggaraan pemilu.

Pelanggaran administratif pemilu, juga tindak pidana pemilu.

"Kami berharap pada pemilu 2024 khususnya di daerah ini, tidak ada peserta pemilu yang nakal agar proses tahapan pemilu berlangsung tertib, aman, lancar dan bersih dari politik uang," katanya pula.

Seluruh unsur di daerah pun diharapkan dapat menjadi mitra dalam tahapan pengawasan penyelenggaraan pemilu.

Sebab pengawasan partisipatif butuh kerja sama dari seluruh pihak.***
Komisioner Bawaslu Gorontalo Utara, Yanti Halalangi Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, dalam sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu serentak tahun 2024 di kalangan Karang Taruna, Kamis (21 Juli 2022). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022