Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, meraih BKN Award 2022 kategori Pemerintah Kabupaten Wilayah Tengah Tipe Kecil dengan rangking II atas pencapaian dalam kategori perencanaan kebutuhan dan mutasi kepegawaian.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma, pada kegiatan Forum Komunikasi Kepegawaian se Provinsi Gorontalo Tahun 2022, dengan tema Transformasi Digital ASN menuju Birokrasi 4.0.

Sekda Ishak Ntoma di Gorontalo, Senin, mengaku bersyukur atas penghargaan yang diterima itu. Ia mengungkapkan penghargaan ini tidak lepas dari setiap pengadaan kepegawaian banyak hal yang dirancang oleh Pemda Bone Bolango. Salah satunya penempatan pegawai yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan daerah

"Setiap pengadaan pegawai banyak hal yang kita rancang bagaimana perekrutan pegawai itu, benar-benar sesuai dengan kebutuhan, tentu dilihat dari kondisi aktual kemampuan keuangan daerah," ucap Sekda.

Ishak mengatakan untuk rekrutmen kepegawaian di Bone Bolango sendiri lebih diprioritaskan pada kebutuhan yang berhubungan dengan pelayanan publik.

"Jadi rekrutmen pegawai di Bone Bolango lebih banyak diprioritaskan dengan yang berhubungan pelayanan publik, khususnya kesehatan dan pendidikan," ujar Ishak Ntoma.

Sementara untuk mutasi, jelas Sekda, direncanakan secara matang oleh Pemerintah Bone Bolango.

"Pak bupati bukan mentang-mentang memiliki suatu kewenangan lalu sembarangan mutasi pegawai, tapi dibuat berdasarkan perencanaan yang matang dan dilihat juga sesuai kebutuhan," ungkap dia.

Ia menambahkan untuk sisi mutasi kepegawaian, juga dilihat dari kondisi aktual, serta kondisi sosial dari pegawai itu.

"Kita melakukan mutasi pegawai, itu dengan memperhitungkan kondisi sosialnya. Misalnya dia tinggal di Suwawa, tapi kita mutasi ke Bone, ini tentu tidak rasional. Kemudian kita juga melihat kondisi sosial dari pegawai itu," pungkas Ishak.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022