Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango seriusi tuntutan sejumlah mahasiswa di daerah itu, terkait belum cairnya bantuan beasiswa dari pemkab ke sejumlah perguruan tinggi.

"Karena ini sudah tuntutan mahasiswa, kami akan seriusi persoalan ini," kata Asisten I Pemkab Bone Bolango, Djamaludin Wartabone, Rabu.

Mengingat bantuan beasiswa bagi mahasiswa tentunya sangat penting dan berguna, dalam kelancaran studi di beberapa perguruan tinggi.

Apalagi pihak Pemkab Bone Bolango sudah menandatangani MoU dengan sejumlah perguruan tinggi, sehingga kendalanya akan dicek.

"Karena tuntutan dan aspirasi dari teman-teman mahasiswa ini menyangkut beasiswa, maka ini akan kita sahuti dan seriusi. Karena ini demi kepentingan peningkatan SDM di Kabupaten Bone Bolango," tegasnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa, lanjut Djamaludin, para mahasiswa ini merupakan kader-kader daerah, dan memiliki masa depan yang baik.

"Mereka ini adalah kader dan aset kita ke depan. Siapa lagi yang melanjutkan pembangunan di daerah ini ke depan kalau bukan anak-anak mahasiswa saat ini," tambahnya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bone Bolango, karena program beasiswa ada di SKPD tersebut.

Koordinasi juga dilanjutkan ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) setempat, karena ini menyangkut persoalan teknis pencairan keuangan.

Kepala Dinas Dikbud Bone Bolango melalui Kasubag Keuangan, Yusman Dukalang menjelaskan aspirasi dari mahasiswa terkait pencairan beasiswa "Bone Bolango Cerdas", pihaknya sudah melakukan dan melaksanakan prosedur, namun ada beberapa hal yang menghambat.

"Ada beberapa perguruan tinggi sudah selesai dengan proses itu karena mereka ikuti prosedur yang ada dan dana beasiswanya sudah dicairkan. Hanya saja, ada juga perguruan tinggi lainnya yang sudah melakukan MoU dan dari kesepakatan peraturan yang sudah disampaikan ke mereka, itu ternyata tidak dipenuhi pada saat pencairan," jelasnya.

Sebelumnya mahasiswa sempat melakukan unjuk rasa ke Pemkab setempat, terkait tuntutan agar beasiswa "Bone Bolango Cerdas" agar direalisasikan, sehingga tidak mengganggu studi mereka.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016