Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menyerahkan bantuan serta melakukan langkah penanganan bencana angin puting beliung yang menerjang Desa Payu, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah tengah melakukan upaya penanganan kepada masyarakat yang terdampak bencana yang terjadi pada Ahad (11/9) kemarin.

“Bantuan dari pemerintah daerah berupa atap dan kayu, dan beberapa alat lainnya telah disalurkan," ucap Nelson saat meninjau lokasi bencana itu, Senin.

Nelson mengungkapkan jika ia telah memerintahkan Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk melakukan penanganan maupun koordinasi dengan pihak terkait, termasuk Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk melakukan langkah cepat dan konkret demi meringankan korban angin puting beliung.

Sebelumnya, Angin puting beliung menerjang dan merusak sejumlah bangunan milik warga di Desa Payu, Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo.

Kepala Desa Payu, Hasni Tooli mengatakan lima bangunan rusak parah akibat diterjang pusaran angin kencang itu.

"Tiga rumah rusak parah, dan yang lebih parah rumah milik Ariyanto, satu kios dan satu depot," ujar Hasni.

Ia bersyukur tidak ada korban jiwa pada kejadian itu, namun atap rumah bangunan warga terbawa angin.

Hasni mengungkapkan, atap bangunan yang terbuat dari seng itu, terbawa angin hingga ke wilayah Pasir Putih, Dusun Harapan dan di pegunungan.

"Rumah korban yang terdampak paling parah butuh tenda, dan hal ini sudah saya informasikan dan di lokasi sudah ada Camat Mootilango untuk memeriksa rumah korban," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022