Polres Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, membagikan alat keselamatan berkendara berupa helm bagi para pengendara bermotor di daerah itu dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara.

"Kami berharap ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Gorontalo Utara Iptu Nurmaya Kasim di Gorontalo, Rabu (21/9).

Polres Gorontalo Utara menggandeng komunitas becak motor (bentor) untuk melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas serta membagikan helm gratis kepada seluruh pengendara bermotor yang melintas di ruas utama lintas Sulawesi di wilayah Moluo, Kecamatan Kwandang.

Dalam kegiatan pembagian alat keselamatan itu, masih terdapat pengendara bermotor yang tidak menggunakan helm. Pengendara bermotor yang tidak memakai helm beralasan karena belum memiliki cukup uang untuk membeli.

Selain itu, alasan pengendara tidak menggunakan helm karena jarak tujuan mereka berkendara cukup dekat, sehingga menurut mereka tidak terlalu penting menggunakan alat keselamatan.

Alat keselamatan berkendara menjadi hal penting untuk melindungi diri sendiri selama berkendara motor maupun bentor. Oleh karena itu, petugas Polres Gorontalo Utara mengimbau para pengendara bermotor untuk tidak meremehkan keselamatan diri dan lingkungan saat berkendara.

"Jangan ada perasaan hanya karena berkendara tak jauh dari rumah, kemudian enggan memakai helm," kata Nurmaya Kasim.

Dengan sosialisasi dan pembagian helm gratis tersebut, dia berharap tidak ada lagi pengendara bermotor di Gorontalo Utara yang tidak memperhatikan keselamatan diri saat berkendara, termasuk tidak ugal-ugalan saat berkendara di mana dan kapan saja.
 
Satlantas Polres Gorontalo Utara membagikan helm gratis kepada pengendara bermotor dalam rangka Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 67 tahun 2022 di Gorontalo, Rabu (21/9/2022). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022