Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Boalemo mengukuhkan 260 petugas Registrasi Ekonomi Sosial (Regsosek) tahun 2022 di Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Jumat.

Kepala BPS Kabupaten Boalemo Andi Idiel Fitri usai Apel Siaga Pengukuhan Petugas Regsosek mengatakan mulai 15 Oktober 2022 kita akan memasuki tahap paling penting, yaitu pelaksanaan Pendataan Awal Regsosek.

"Apel Siaga ini merupakan momentum yang penting bagi kita semua, untuk bersama-sama meluruskan niat dan menyatukan derap langkah untuk menyukseskan pendataan awal Regsosek 2022," ujar Andi.

Menurutnya, kekhawatiran dan ketegangan sudah pasti ada. Namun, kita harus optimistis bahwa dengan persiapan yang telah dilakukan.

"Kami akan mampu melaksanakan pendataan awal Regsosek sesuai dengan jadwal yang ditentukan, mengatasi permasalahan yang mungkin muncul di lapangan, dan mencapai target yang telah ditetapkan," ujar Andi.

Kepada jajaran mitra statistik yang akan langsung terjun dalam pelaksanaan Pendataan Awal Regsosek nanti, ia mengucapkan terima kasih untuk semangat dan antusiasme yang ditunjukkan selama tahap persiapan.

"Saya minta, untuk tahap pelaksanaan ini saudara-saudara dapat semakin meningkatkan semangat, bangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan semua responden," katanya pula.

Andi menegaskan tidak ada jalan lain selain terus maju dan berjuang bersama-sama. Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi, Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Persiapan Regsosek dimulai pada tahun 2021 lalu dengan pengembangan konsep basis data dan mekanisme pendataan serta ujicoba pelaksanaan di 95 desa atau kelurahan.

Dilanjutkan dengan perluasan pendataan di semua daerah, sosialisasi dan peningkatan kapasitas pemerintah daerah dan pembentukan Gugus Tugas Regsosek Nasional dan daerah pada tahun 2022.

Pada tahun 2023 nanti dilakukan integrasi pengolahan dan pemeringkatan pendataan, pemanfaatan data oleh pemda, integrasi data lintas sektor secara bertahap dan pembaruan data melalui digital monograf desa/kelurahan dan stabilitas sistem pada tahun 2024 untuk terbentuknya pusat data nasional, terbangun mekanisme kontrol kualitas dan penargetan serta aktivitas monitoring dan evaluasi terintegrasi.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022