Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengatakan progres pekerjaan fisik Jalan John Aryo Katili di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo saat ini sudah mencapai 48 persen.

Ia optimistis pekerjaan jalan utama sepanjang 2,7 kilometer itu akan selesai tepat waktu, yakni pada akhir tahun 2022.

“Insya Allah kalau tidak ada halangan, pekerjaan ini akan memenuhi target penyelesaian hingga Desember 2022 sehingga arus lalu lintas di Kota Gorontalo kembali lancar,” katanya usai meninjau pekerjaan Jalan J.A. Katili, Sabtu.

Menurutnya saat ini pihak pelaksana terus memacu pekerjaan dengan sistem kerja siang dan malam, untuk memenuhi target yang telah ditentukan.

Pada akhir Oktober 2022 diperkirakan progres pekerjaan yang dibiayai dengan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tersebut akan mencapai 73 persen.

Pihak pelaksana juga menargetkan saluran di tepi jalan tersebut sudah tertutup pada minggu kedua November 2022.

“Pekerjaan ini menjadi atensi pemerintah pusat bahkan oleh KPK, karena itu kami akan terus memantau sekaligus mendorong pihak pelaksana agar pekerjaan ini selesai tepat waktu dengan kualitas yang sesuai spesifikasinya,” kata Hamka.

Pekerjaan Jalan J.A. Katili menggunakan anggaran dana PEN tahun 2022 sebesar Rp36,6 miliar.

Dari 240 hari kerja dalam kontrak, waktu yang terpakai saat ini sudah mencapai 182 hari, sehingga tersisa 58 hari bagi pelaksana untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Pekerjaan jalan tersebut juga menyingkirkan ratusan pohon serta median jalan, dengan desain yang dinilai lebih modern dan efisien bagi pengguna jalan.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022