Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo Paris Jusuf mendukung dan mengapresiasi pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS).

"Saya mengapresiasi sensus yang dilaksanakan BPS dalam konteks sosial ekonomi," ucap Paris di Gorontalo, Senin.

Menurutnya, setelah diwawancarai oleh petugas pendataan, Regsosek memang seharusnya dilakukan, karena pengungkapan data sangat penting unduk mendapatkan data di Provinsi Gorontalo.

"Masalah data ini kalau di DPR selalu kami angkat ke permukaan, entah mana data yang benar sehingga menurut kami ada pembongkaran data," ungkap dia.

Sehingga dengan adanya Regsosek, maka data yang dibutuhkan akan terlihat jelas, apalagi ada pemaparan hingga ke tingkat desa.

"Saya berharap masyarakat dan Kepala Desa dapat mendukung masyarakat untuk berkata jujur, agar bantuan tepat sasaran," ujar Paris.

Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Mukhamad Mukhanif mengatakan, perlindungan sosial di Indonesia menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Pemerintah menekankan pentingnya ekosistem pendataan perlindungan sosial yang terintegrasi secara menyeluruh diciptakan agar perlindungan sosial tepat sasaran. 

Oleh karena itu, inisiatif Registrasi Sosial Ekonomi dilakukan sebagai sinergi dan kolaborasi multi kementerian/lembaga dalam penyediaan data berkualitas. 

"Regsosek diharapkan dapat menyediakan Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat," ungkap Hanief. 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022