Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Asni U Menu memuji manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi masyarakat.

Menurutnya, Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) membuat setiap masyarakat di Indonesia memiliki peluang yang sama untuk dapat mengakses layanan kesehatan.

"Belum lagi masyarakat yang secara perekonomian tergolong fakir dan miskin tentunya adanya Program JKN ini sangat bermanfaat bagi mereka," ujar dia di Gorontalo, Selasa. 

Asni U Menu yang juga anggota Komisi II DPRD tersebut mengungkapkan, masyarakat di Kabupaten Gorontalo yang ditemuinya sering memanfaatkan kepesertaan JKN untuk mendapatkan akses layanan kesehatan. 

Ia mengungkapkan, berkat adanya Program JKN ini, masyarakat merasa tak keberatan jika harus memeriksakan dirinya ke fasilitas kesehatan tanpa perlu takut biaya yang besar. 

"Pada saat reses, masyarakat sering menyampaikan bahwa mereka sering memanfaatkan kartu kepesertaan JKN untuk berobat. Mereka menyampaikan tidak keberatan untuk saat ini jika ingin berobat," kata Asni.

Belum lagi dengan adanya kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) Program JKN bagi masyarakat fakir dan miskin, yang konsep iuran ditanggung oleh pemerintah pusat dan daerah sangat berdampak bagi kehidupan mereka. 

Hal tersebut pernah dirinya temukan di salah satu keluarga yang tergolong masyarakat tidak mampu, salah satu anggota keluarga menderita sakit parah. Untungnya seluruh keluarga tersebut sudah terdaftar sebagai peserta JKN segmen kepesertaan PBI, yang membuat keluarga tersebut tertolong karena mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Apalagi di Program JKN ini ada peserta PBI bagi masyarakat fakir miskin, sangat bermanfaat sekali bagi mereka. Saya pernah bertemu keluarga yang perekonomian tidak mampu, saat salah satu keluarganya sakit jadi tertolong berkat sudah menjadi peserta JKN," lanjut Asni.

Sehingga Asni berharap agar Program JKN terus berkesinambungan karena dilihat dari dampak manfaat yang sangat dirasakan oleh masyarakat serta siap untuk selalu mendukung Program JKN khususnya di Kabupaten Gorontalo. 

"Harapannya program ini bisa terus berlanjut karena manfaatnya, kami dari DPRD Kabupaten Gorontalo siap untuk selalu mendukung program yang bermanfaat bagi masyarakat ini," tutup Asni.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022