Peragaan busana atau Fashion Show kain sulam Karawo khas Gorontalo, memeriahkan peringatan Hari Pahlawan di halaman kantor Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Kamis.

Salah satu ruas jalan Kantor Bupati diubah menjadi arena pertunjukan Fashion Show Karawo oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, dengan Bupati Hamim Pou, Wakil Bupati Merlan Uloli, Sekda Ishak Ntoma, pimpinan OPD hingga ASN Bone Bolango menjadi peserta kegiatan itu. 

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengatakan pagelaran Fashion Show Karawo pertama itu, digelar sebagai salah satu kegiatan peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2022, dan promosi sulaman Karawo.

Hamim Pou menjelaskan, Kabupaten Bone Bolango sebagai salah satu kota atau kabupaten kreatif, telah dilakukan kurasi oleh Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif. 

"Hasilnya dari peninjauan itu kekuatan Bone Bolango di sulaman kain Karawo," ucap Hamim Pou. 

Sehingga, untuk penegasan Kabupaten Bone Bolango sebagai penegasan Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata menggelar peragaan busana dengan produk-produk pengembangan dari kain Karawo tersebut.

Hamim menegaskan kain sulaman Karawo tidak hanya untuk kebutuhan formal saja, tapi bisa didesain untuk kaus, atau dimodifikasi dengan yang lain, tapi tetap menunjukkan orisinalitas dari sebuah produk lokal sulaman tersebut.

"Kami ingin memajukan kain Karawo dari sisi hulunya, dari industri rumah tangga sampai ke pemasaran," kata dia, lagi.

Saat pagelaran dimulai, suara dukungan dan antusiasme dari penonton baik Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga masyarakat tidak berhenti bersahutan, terlebih saat Bupati Hamim Pou, Wakil Bupati Merlan Uloli tampil memperagakan kain Karawo yang dikenakan. 

Bupati Hamim yang tampil mengenakan kemeja sulaman Karawo lengan panjang bermotif Makuta topi khas Gorontalo berjalan dengan percaya diri sambil melambaikan tangan kepada penonton.
 
Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S Uloli mengenakan pakaian bermotif sulam karawo pada peragaan busana di halaman Kantor Bupati di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis (10/11/2022). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022