Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengapresiasi penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa, khususnya di wilayah perbatasan terealisasi dengan cepat.

"Ini bentuk kerja sama yang baik antara seluruh pemangku kepentingan. Sehingga hak-hak rakyat termasuk di wilayah perbatasan bagian barat kabupaten ini, di Kecamatan Tolinggula dapat berjalan dengan baik dan cepat," kata Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deisy Sandra Maryana Datau, di Gorontalo, Selasa.

Ia berharap, penyaluran BLT Dana Desa di wilayah terjauh, baik perbatasan dan kepulauan, terus berlaku sama dengan wilayah dekat pusat ibu kota kabupaten.

Artinya, masyarakat dapat menikmati bantuan pemerintah dengan cepat dan tepat sasaran.

Ada beberapa desa di wilayah perbatasan bagian barat kabupaten ini, termasuk yang cukup sulit diakses.

Namun pemerintah desa dapat menjalankan amanah menyalurkan bantuan langsung tunai dengan cepat.

"Saya berharap, kinerja ini terus dipertahankan sebagai wujud pelayanan publik terbaik dari pemerintah kepada masyarakat hingga di wilayah pelosok," katanya.

Tenaga pendamping desa Kecamatan Tolinggula, Sadam Salihi, mengatakan, khusus di wilayah kecamatan tersebut, sesuai dengan ketentuan Pemerintah Pusat bahwa 40 persen dari Dana Desa dialokasikan untuk BLT Dana Desa di Tahun Anggaran 2022.

"Alhamdulillah, seluruh pemerintah desa di Kecamatan Tolinggula telah melaksanakan ketentuan tersebut," katanya.

Pihaknya mencatat, total 813 keluarga penerima manfaat (KPM) tersebar di 10 desa di Kecamatan Tolinggula, telah mendapatkan BLT Dana Desa.

"Dengan total anggaran mencapai Rp2,9 miliar untuk penyaluran dari bulan Januari hingga Desember. Seluruhnya telah selesai dilakukan," katanya.

Pihaknya selaku tenaga pendamping desa maupun pendamping lokal desa Kecamatan Tolinggula, sangat berterima kasih kepada seluruh pemerintah desa yang telah merampungkan penyaluran tepat waktu.

Termasuk kepada pemerintah kecamatan dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di setiap desa, yang ikut mengawasi, membina serta menyukseskan penyaluran tersebut.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022