Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara mendukung peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainal Umar Sidiki (ZUD) Gorontalo Utara menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Anggota Komisi III DPRD Gorontalo Utara Alhamid Otoluwa di Gorontalo, Rabu, mengatakan peningkatan status tersebut, akan mendorong manajemen RS dalam pengelolaan secara mandiri.

Hal itu, katanya, memudahkan peningkatan fasilitas RS, termasuk menambah jumlah tenaga dokter spesialis dan perawat.

Ia mengatakan pusat layanan kesehatan tersebut salah satu sumber penerimaan bagi daerah sehingga kemandirian dalam pengelolaan perlu mendapat dukungan.

"DPRD memberi dukungan tersebut," katanya.

Dia mengakui bahwa tidak elok jika mengharapkan pendapatan asli daerah dari RS.

Namun, katanya, keberadaan fasilitas ini penting sebagai salah satu sumber penerimaan di sektor kesehatan.

Manajemen yang mandiri tanpa harus menunggu kucuran dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), katanya, akan memudahkan pihak RS meningkatkan fasilitas, khususnya ruang rawat inap.

Ia mengatakan masyarakat yang hendak mendapatkan layanan kesehatan, tidak perlu ke tempat lain karena sudah tersedia ruang perawatan yang memadai di RS tersebut.

Dengan begitu, kata Alhamid, masyarakat di daerah ini tidak perlu jauh-jauh ke RS di luar kabupaten.

Saat ini, akses jalan menuju RSUD tersebut ditingkatkan.

DPRD setempat berharap, pemerintah daerah memacu percepatan pembangunan infrastruktur tersebut, mengingat keberadaan RS potensial sebagai wisata kesehatan, yaitu program layanan kesehatan yang dapat berkolaborasi dengan sektor pariwisata.

Jika pelayanan RS mampu ditingkatkan, katanya, penyedia wisata di daerah ini dapat dengan mudah menarik wisatawan dengan mempromosikan layanan dan fasilitas kesehatan yang tersedia.

Ia mengatakan RSUD setempat berada di perlintasan Sulawesi sehingga potensial menjadi rumah sakit rujukan dan tujuan masyarakat dari daerah lain untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di daerah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara Rizal Yusuf Kune mengatakan peningkatan status RSUD ZUD Gorontalo Utara menjadi BLUD sedang dalam proses.

Terkait dengan peningkatan status itu, katanya, agar pihak RS dapat menata seluruh operasional secara mandiri.

Selain itu, kata dia, terjadi peningkatan layanan, pemenuhan fasilitas, dan penambahan tenaga kesehatan menjadi lebih cepat dan mudah.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022