Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik menuju layanan paripurna berintegritas melalui Forum Konsultasi Publik.

Kepala BPOM Gorontalo Agus Yudi Prayudana di Gorontalo, Kamis, mengatakan Forum Konsultasi Publik itu menghadirkan, antara lain pemerintah daerah, Ombudsman, akademisi, pelaku UMKM, dan BNN.

"Tagline pelayanan kami adalah layanan paripurna berintegritas. Paripurna adalah akronim dari Pelayanan Prima Sempurna," ucap dia.

Untuk kata "Paripurna", ujarnya, dipilih sebagai padanan dari arahan Presiden Joko Widodo bagi pemberi layanan agar bukan hanya melaksanakan layanan sampai selesai, akan tetapi harus memastikan pelayanan tuntas, diterima dan dipahami.

"Sedangkan tambahan kata 'Berintegritas' sebagai gambaran semangat kami untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi," ungkap dia.

Agus mengungkapkan dukungan dari seluruh pemangku kebijakan dan pengguna layanan BPOM Gorontalo telah menerima anugerah sebagai unit kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Tahun 2020 dari Kementerian PANRB.

"Kami tetap mengharapkan dukungan dan masukan melalui forum sebagai upaya peningkatan layanan berkelanjutan kami, semoga pada Tahun 2023 BPOM Gorontalo bisa mencapai predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani," kata dia.

Pada Forum Konsultasi Publik itu, Agus memberikan selamat kepada UMKM pangan olahan yang telah mengikuti program pendampingan Tahun 2022.

Dari 10 UMKM yang terpilih, enam di antaranya telah mendapatkan izin edar MD dari BPOM yang akan diserahkan pada hari ini, sedangkan sisanya masih berproses di antaranya karena ada yang masih harus melengkapi dokumen dan ada yang produknya termasuk kategori pangan risiko sedang/tinggi sehingga harus dilakukan pengujian terlebih dahulu untuk memastikan mutu dan keamanan.

"Sumbangsih ini merupakan upaya untuk meningkatkan daya saing bagi UMKM, dan tentunya untuk mendukung pertumbuhan perekonomian khususnya pascapandemi sebagaimana tema acara kita hari ini," kata Agus.

Penyerahan izin edar kepada MD dari BPOM Gorontalo oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer kepada pelaku UMKM.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer didampingi Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo Agus Yudi Prayudana (kedua kiri) berfoto bersama usai menyerahkan surat izin edar kepada pelaku UMKM pangan olahan di Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (17/11/2022). BPOM Gorontalo menyerahkan izin edar makanan yang diolah di dalam negeri (MD) kepada enam UMKM terpilih yang telah mengikuti program pendampingan tahun 2022. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022