Kepala Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) Supriyanto mengatakan kampanye pengetahuan burung maleo kepada anak usia sekolah harus terus dilakukan, untuk menjamin kelestarian dan habitatnya.

Menurutnya pendidikan konservasi dapat dilakukan secara optimal dengan melibatkan pihak sekolah dan masyarakat umum, terutama yang berada di sekitar kawasan konservasi Maleo.

“Balai TNBNW turun ke sekolah untuk melakukan pengenalan satwa yang menghuni taman nasional, termasuk burung Maleo. Kami mendorong setiap resor memiliki sekolah binaan di wilayahnya masing-masing,” kata Supriyanto pada Symposium Nasional dan Penyadartahuan Konservasi Burung Maleo Senkawor (Macrocephalon maleo) yang digelar secara daring dan luring, Senin.

Ia menjelaskan para penyuluh dan staf balai TNBNW melakukan kunjungan ke sekolah, untuk mengedukasi siswa dengan mengenalkan kawasan TNBNW,  satwa endemik, dan fungsi hutan.

Cara lain yang dilakukan TNBNW untuk mencegah Maleo dari kepunahan, yakni dengan melakukan perlindungan dan pengelolaan lokasi peneluran burung tersebut bersama Wild Conservation Society (WCS).

Terdapat tiga lokasi peneluran Maleo di TNBNW, yakni Tambun dan Muara Pusian di Kabupaten Bolaang Mongondow Sulawesi Utara, serta di Hungayono, Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo.

Pihaknya juga mengaktifkan lembali lokasi peneluran Maleo di Desa Matayangan, yang sebelumnya tidak dikelola karena tingginya tekanan terhadap habitat  Maleo di sekitarnya.

“Tahun 2020 kami mulai mengelolanya dan sampai Oktober 2022 telah berhasil menyelamatkan 21 butir telur maleo dan melepasliarkan 10 ekor anakan,” katanya.

Bersama WCS, TNBNW juga melakukan pemasangan satelit telemetry dan pit tag pada Maleo, untuk mengetahui daya jelajah, pola pergerakan, dan perilaku burung tersebut.

Simposium Nasional digelar dalam rangka Hari Maleo Sedunia 2022 setiap tanggal 21 November, yang tahun ini dipusatkan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022