Sebanyak 12 tokoh desa dan guru pejuang di Provinsi Gorontalo menerima Suharso Monoarfa (Sumo) Foundation Awards 2022 di Gedung Sumber Ria Kota Gorontalo, Jumat.

Para penerima penghargaan tersebut merupakan figur yang membangun desa dengan perannya masing-masing, serta para guru yang berjuang untuk tetap mendidik siswanya  dengan segala kendala dan keterbatasan yang ada.

Tokoh desa yang meraih penghargaan tersebut adalah Isa Madi, Kombespol Witarsa AJI, Fatra Hala, Awaludin Ahmad, dan Al-Ghazali Katili.

Sedangkan guru pejuang yang dianugerahi penghargaan tersebut adalah Rifa Usulu, Fitri Polohi, Nanci Banini, Ellen Podungge, Nurhayati Saidi, Wanhandrik Tahalu, Novita Hulainggi.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas RI Suharso Monoarfa sebagai sosok yang menginisiasi penghargaan itu, mengatakan apa yang dilakukan olehnya merupakan sesuatu yang sederhana dan kecil untuk memotivasi dan menghargai perjuangan dan peran besar para guru dan tokoh desa.

“Selain kegiatan seperti saat ini, Sumo Foundation memberikan beasiswa dan bantuan kepada mereka-mereka yang tidak mendapatkan kesempatan yang baik. Teruslah berjuang bapak ibu, sekecil apapun yang kita lakukan pasti bermanfaat,” katanya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy yang juga hadir dalam acara itu, mengapresiasi Sumo Awards yang dinilainya sangat menginspirasi.

“Dengan kegiatan seperti ini, kami mendapatkan umpan balik tentang praktek-praktek kebijakan pemerintah di lapangan yang belum 'landing'. Betapa kebijakan yang kami anggap sudah sangat bagus di Jakarta, ternyata di daerah tidak seindah kenyataannya,” kata Muhadjir.

Ia juga meminta para kepala daerah untuk memastikan tidak ada guru yang mendapatkan upah yang tidak layak, karena profesi guru menghasilkan banyak profesi lain seperti dokter, akuntan, dan lainnya.

“Urusan guru tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat tapi pemerintah daerah. Anggaran pendidikan 80 persen turun ke daerah dalam bentuk Dana Alokasi Khusus maupun Dana Alokasi Umum, karena itu mestinya tidak ada guru yang mendapatkan gaji di bawah upah minimum regional,” ujarnya.

Sumo Awards tahun 2022 merupakan yang kelima kalinya digelar sejak tahun 2008, dengan kolaborasi antara Sumo Foundation dan Elnino Centre.

Hingga tahun 2022, terdapat 100 orang tokoh desa dan guru pejuang dari berbagai desa di Gorontalo yang menerima penghargaan tersebut.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022