Universitas Negeri Gorontalo menerjunkan 354 mahasiswa dari program studi kesehatan, untuk mengabdi kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Profesi Kesehatan di Kabupaten Bone Bolango.

Dekan Fakultas Olahraga dan Kesehatan UNG Herlina Jusuf di Gorontalo, Selasa, mengatakan pada para mahasiswa tersebut merupakan angkatan perdana dari KKN Profesi Kesehatan di Universitas Negeri Gorontalo.

“Dasar kolaborasi antarprodi kesehatan tersebut adalah Interprofessional Education atau IPE, agar mahasiswa memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman untuk dapat berkolaborasi dengan sesama petugas kesehatan dari disiplin ilmu lain,“ kata Herlina.

Ia berharap setelah selesai mengikuti KKN dan tamat kuliah, mahasiswap siap menerapkan ilmunya di tengah masyarakat.

Bupati Kabupaten Bone Bolango Hamim Pou yang menerima kehadiran mahasiswa KKN tersebut, mengapresiasi pihak perguruan tinggi mengabdi di daerahnya.

“Selamat datang untuk seluruh mahasiswa peserta KKN Profesi Kesehatan di Bone Bolango, silahkan berbaur dengan masyarakat,” ujarnya.

Ia optimistis penerapan ilmu-ilmu profesi kesehatan sangat dibutuhkan karena kesehatan merupakan kebutuhan mendasar masyarakat setiap saat.

Hamim juga berharap mahasiswa menyosialisasikan pola hidup sehat dan bersih kepada masyarakat, untuk meningkatkan derajat kesehatan.

Sementara itu Kepala Pusat KKN UNG Salahudin Olii mengatakan KKN Profesi Kesehatan bertujuan untuk membantu menekan angka stunting di Kabupaten Bone Bolango.

“Mahasiswa peserta KKN Profesi Kesehatan terdiri dari 163 mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, 31 mahasiswa Prodi S1 Farmasi, 38 mahasiswa Prodi S1 Kedokteran dan 122 Prodi S1 Keperawatan,” katanya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022