Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pohuwato, UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo bersama Polres Pohuwato jalin kerja sama penguatan pembinaan baik kepribadian maupun kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Lapas Kelas IIB Pohuwato Irman Jaya Kerja, di Pohuwato, Jumat, mengatakan kerja sama tersebut meliputi deteksi dini untuk antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam dan luar Lapas.

"Kita mengantisipasi peredaran zat berbahaya dan narkoba di lingkungan Lapas serta memperkuat giat Patroli oleh Polres Pohuwato beserta jajarannya," ucap dia.

Ia menjelaskan, sebagai institusi pemasyarakatan, untuk melakukan fungsi pembinaan bagi warga binaan, mengucapkan terima kasih kepada Polres Pohuwato beserta jajaran yang telah berkenan melakukan kerja sama itu.

"Kami meyakini bahwa dengan adanya kerja sama ini, dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan pembinaan di internal Lapas, serta mengawal dalam menciptakan kamtibmas di lingkungan Lapas Pohuwato ini," ungkap Irman.

Termasuk akan diagendakan berbagai program pelatihan untuk meningkatkan bekal para petugas dalam melakukan pengamanan di sekitar lingkungan Lapas.

Kasat Binmas, AKP Rovel Kirojan mengatakan, bahwa penandatangan kerja sama itu merupakan bentuk kolaborasi dan sinergi yang dilakukan dari pihak Kepolisian dan Lapas untuk bersama sama mengawal tegaknya keamanan dan ketertiban baik di area dalam maupun luar Lapas.

"Pada prinsipnya secara institusi yang melindungi dan mengayomi masyarakat, maka kami siap mendukung penugasan pengamanan pada lingkungan Lapas tentunya yang bersifat darurat, maka kami siap bergerak di garda terdepan dalam mewujudkan pemeliharaan kamtibmas," tuturnya.

Selain itu, secara institusi, pihaknya juga tetap akan mengintensifkan operasi sambang dalam bentuk patroli ke Lapas agar meminimalisir dan mendeteksi dini terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban," tegas dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022