Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara(Gorut), Provinsi Gorontalo, akan mengapresiasi para petugas "entry" data elektroniknya yang dinilai berprestasi dan paling cepat memasukkan data realisasi anggaran, dengan memberikan hadian untuk pergi berumroh ke tanah suci.

" Siapa yang tercepat, akan dihadiahi ibadah umroh sebab dinilai memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan administrasi pemerintahan yang mendukung pembangunan daerah," ujar Bupati Indra Yasin, Kamis di Gorontalo.

Penilaiannya pun kata Indra, termasuk pada pemasukkan data yang valid, tidak sekedar memasukkan data namun harus sesuai fakta.

Hal itu ditegaskannya pada bimbingan teknis para petugas "entry" data elektronik, monitoring, evaluasi dan pelaporan (e-MONEP) tahun 2016.

Pemerintah daerah mulai menerapkan sistem e-MONEP sejak tahun anggaran 2015, namun belum optimal.

Sehingga tahun 2016, pemerintah daerah sengaja akan memberi reward kepada para petugas "entry", yang paling cepat dan tepat serta faktual memasukkan data realisasi anggaran setiap triwulan.

Data realisasi anggaran melalui sistem ini, diharapkan akan seragam antara seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), untuk memudahkan penyajian data yang akan dipertanggungjawabkan sebagai program pembangunan.

Penyajian laporan realisasi dan serapan anggaran ini tersaji secara on-line sehingga pengelolaan keuangan dan pelaksanaan program pemerintahan akan transparan dan mudah dipantau.

Wisna Domili, salah satu petugas "entry" di bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah mengaku, melakukan pelaporan kegiatan dan capaian realisasi anggaran setiap bulan.

Menurutnya, sistem e-MONEP ini mempermudah pihaknya dalam penyajian pelaporan sebab aplikasinya tertata sesuai perencanaan kegiatan, sehingga memudahkan pelaksanaan program dan capaian target kegiatan yang dilaporkan secara on-line.

Ia optimistis, bisa memenuhi target Bupati bahkan memungkinkan menjadi salah satu pesaing petugas "entry" lainnya untuk mendapatkan reward.

" Reward tersebut adalah motivator yang baik kepada kami selaku apratur, meski dalam melaksanakan tugas memang dilaksanakan sungguh-sungguh bukan sekedar mengejar prestasi dan penghargaan," ujar Wisna.*

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016