Tim gabungan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) dan regu pengamanan melakukan pemeriksaan di lingkungan blok hunian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pohuwato, UPT Kanwil Kemenkumham Provinsi Gorontalo, Jumat.

Kepala Seksi Kamtib Abdul Razak Suleman usai kegiatan itu mengatakan pemeriksaan dilakukan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pohuwato, mulai memperketat pengamanan baik dalam maupun di sekitar wilayah lingkungan Lapas, termasuk memastikan seluruh blok hunian warga binaan dalam keadaan aman dan terkendali," ucap dia.

Ia menjelaskan, atas arahan Kanwil Kemenkumham Provinsi Gorontalo, perlu dilakukan giat deteksi dini atas potensi gangguan keamanan dan ketertiban.

"Adapun yang kita lakukan pengecekan adalah di Blok Hunian seluruh Warga Binaan, lingkungan pagar tembok dalam dan luar, lingkungan Dapur, Tempat Ibadah, juga alat dan prasarana pemadam kebakaran (apar) serta sarana tempat mandi pun tak luput dari pemantauan kami," ungkap Razak.

Kepala Lapas (Kalapas) Pohuwato Irman Jaya menegaskan bahwa, ia ingin memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru, dapat dirayakan secara aman dan tertib, khususnya bagi yang merayakannya.

"Memang benar terjadi peningkatan tren kewaspadaan menjelang Natal dan Tahun Baru tahun ini, kami tidak ingin kecolongan atas hal-hal yang tidak kami harapkan, seperti peredaran handphone, narkotika, serta barang-barang metal lainnya yang pasti tidak akan pernah kami tolerir," tegas Irman.

Sehingga menurut dia, kerja sama dan kekompakan giat di lapangan terutama dengan Aparat Penegak Hukum lainnya sangat dibutuhkan, dan semoga natal dan tahun baru pada tahun ini dapat dilaksanakan secara aman tertib dan terkendali.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022