Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara akan melakukan lelang jabatan pejabat eselon II, khususnya jabatan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan serta Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP).


Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Minggu mengatakan, rencananya lelang jabatan tersebut akan dilakukan pekan depan untuk mempercepat proses pengisian jabatan lowong di Dinas Kelautan dan Perikanan, serta penggantian Kepala BPTSP yang segera memasuki masa pensiun.


Lelang jabatan kata ia, baru dua kali dilakukan di pemerintahan daerah ini, sebelumnya dilakukan untuk jabatan Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.


Proses tersebut sengaja dilakukan terbatas untuk aparatur pemerintahan daerah di Gorontalo, mengingat Gorontalo Utara berkeinginan agar pejabat daerah yang bertugas adalah orang lokal.


"Kita tidak berlaku primordial, namun aspirasi masyarakat selama ini menginginkan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah untuk menempatkan para pejabat struktural dari daerah ini, agar mereka mengetahui benar kondisi daerah dan masyarakatnya. Tidak kesulitan beradaptasi sehingga lebih mudah menjalankan program dan kegiatan prioritas," ujar Indra.


Menurutnya, lelang jabatan sangat tepat dilakukan sebab Bupati dan Wakil Bupati akan lebih mengetahui kompetensi dan kapasitas pejabat yang ditempatkan serta sesuai disiplin ilmu yang diperlukan.


Apalagi para calon pejabat wajib mengikuti tes yang dilakukan secara normatif dan sesuai prosedur yang ditetapkan.


Sehingga tidak ada faktor suka atau tidak suka, atau terkesan memberikan jabatan tersebut untuk kepentingan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah semata.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016