Polda Gorontalo menggelar latihan pra Operasi Lilin Otanaha 2022 untuk menyiapkan personel yang akan diterjunkan dalam pengamanan natal dan tahun baru 2023 nanti.

Wakapolda Gorontalo, Brigjen Pol. Pudji Prasetijanto Hadi di Gorontalo, Rabu, mengatakan latihan itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan personel yang terlibat dalam operasi.

"Ini dilakukan agar personel memiliki satu kesatuan pola pikir dan pola tindak dalam memberikan pengamanan pada masyarakat Provinsi Gorontalo," ucap dia.

Polda Gorontalo bakal menyelenggarakan operasi Kepolisian terpusat dengan sandi ”Lilin Otanaha 2022” selama 11 hari, yang akan dimulai pada tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023.

Operasi Kepolisian itu kata dia, digelar dengan bersifat terbuka dalam bentuk pemeliharaan keamanan yang dilaksanakan dengan melakukan pengamanan secara terbuka dan tertutup pada seluruh rangkaian kegiatan perayaan natal dan tahun baru.

"Ini guna menjamin stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah Provinsi Gorontalo yang aman dan kondusif," beber dia.

Pudji Prasetijanto Hadi menyampaikan kepada seluruh peserta yang mengikuti latihan tersebut agar bersungguh sungguh dan dapat memanfaatkan forum dengan baik.

"Saya mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat agar mengikuti seluruh rangkaian dan bersungguh sungguh sampai dengan akhir pelatihan," tegas Wakapolda.

Kepala Bagian Pembinaan Operasi, AKBP Rakhmat mengatakan perayaan natal 2022 dan tahun baru 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Kita antisipasi lonjakan aktifitas masyarakat, khususnya hari natal 2022 dan malam perayaan tahun baru 2023 di tempat ibadah, lokasi wisata dan pusat perbelanjaan," ucapnya

AKBP Rakhmat Juga mengingatkan kepada seluruh personel agar selalu mengutamakan keselamatan diri dengan menggunakan perlengkapan saat melaksanakan tugas.

"Saya meminta kepada peserta latihan pra operasi untuk menjaga kesehatan dan laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab," pungkas dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022