Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, dan Bolaang Mongondow Utara (Bolmong Utara), Sulawesi Utara, menyepakati pengamanan wilayah perbatasan antara dua kabupaten tersebut jelang hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kami menghadiri undangan pemkab Bolmong Utara terkait pengamanan di wilayah perbatasan. Mengingat Gorontalo Utara menjadi pintu masuk Provinsi Gorontalo, di wilayah timur kabupaten ini, yang berbatasan langsung dengan daerah tersebut," kata Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, di Gorontalo, Kamis.

Rapat koordinasi antar dua daerah berbatasan ini telah digelar, dihadiri Bupati Bolmong Utara, Depri Pontoh, serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), juga instansi terkait dari dua daerah tersebut.

Rapat berlangsung sejak pukul 14.30 WITA, di ruang rapat Bupati Bolmong Utara, membahas tiga poin penting menyangkut pengamanan Natal dan Tahun Baru, khususnya di pintu masuk perbatasan.

Serta pencegahan peredaran minuman keras, mengingat dua daerah ini menjadi perlintasan Sulawesi.

Juga membahas pengamanan aksi pemboman ikan yang memerlukan upaya pencegahan bersama antar dua daerah bertetangga.

"Kita akan prioritaskan upaya pencegahan. Sehingga memerlukan upaya dan kerja bersama," kata Thariq.

Rapat koordinasi tersebut juga menyepakati pengawasan bersama ketersediaan bahan pokok dan kebutuhan dasar lainnya.

"Kita juga bersepakat membangun posko di perbatasan antar daerah, termasuk menyiapkan posko bencana. Mengingat cuaca ekstrem berupa curah hujan tinggi, diprakirakan melanda di penghujung tahun. Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian dan penanggulangan serius," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, juga disepakati akan melakukan pemantauan di setiap tempat ibadah, objek wisata dan potensi pusat keramaian dalam penerapan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19.

"Kami pun bersepakat dalam optimalisasi posko pengamanan kelurahan dan desa, sebagai langkah strategis dalam menjaga keamanan seluruh wilayah di dua daerah ini," katanya pula.

Pemkab wajib memastikan pelaksanaan ibadah Natal akan berlangsung aman dan tertib.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022